Mengenal Flow Meter LC dan Keunggulan yang Ditawarkannya

Ada beragam jenis alat yang krusial keberadaannya dalam dunia industri, salah satunya adalah flow meter. Alat satu ini kerap digunakan untuk mengetahui suatu aliran material, baik itu dalam bentuk cairan, gas, atau serbuk, dalam suatu jalur aliran. Nah, di antara banyaknya alat flow meter yang dijual di pasaran Indonesia, Flow Meter LC merupakan salah satu yang kerap digunakan.

Apa Itu Flow Meter LC?

Flow Meter LC merupakan flow meter yang berasal dari IDEX Corporation, yang basisnya berada di Amerika Serikat. Flow meter satu ini terbilang sebagai flow meter yang paling banyak dipakai di seluruh dunia, dikarenakan baiknya keakurasiannya, serta kualitas alatnya yang begitu awet. Standar akurasi yang dipakai oleh flow meter ini berkisar dari 0.2 hingga 0.3 persen.

Bicara tentang kualitas, flow meter satu ini sudah mendapatkan tersertifikasi oleh NIST. Sejauh ini, flow meter ini tersedia dalam beberapa tipe seperti M Series, MS Series, MA Series, dan MSAA Series. Penggunaan flow meter ini sendiri di Indonesia terbilang luas, mulai dari pertambangan, cairan kimia, pengisian bahan bakar kendaraan operasional serta bahan bakar avtur.

Keunggulan dari Flow Meter LC

Luasnya penggunaan flow meter ini tentu diprakarsai oleh keunggulan yang dimilikinya. Mulai dari tipenya yang beragam, hingga umur flow meter yang terbilang awet, menjadi faktor penyebab mengapa flow meter ini kerap digunakan dalam kegiatan industri. Berikut ulasan mengenai apa saja keunggulan dari flow meter ini.

1.   Tersedia dalam Beragam Tipe Meteran

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, flow meter merek LC ini tersedia dalam beragam tipe. Anda bisa memilih antara LC M, MS, MSAA, MSA, atau MA Series. M Series misalnya terbuat dari bahan berupa aluminium alloy, dengan tekanan maksimum 150PSI. Berbeda dengan MA Series, yang tekanan maksimumnya 350PSI, serta bisa mengukur hingga temperatur 85 derajat Celcius.

2.   Bisa Mengukur Beragam Cairan

Mengingat penggunaannya di industri pertambangan dan kimia, maka tak heran bila flow meter ini dirancang untuk bisa mengukur beragam jenis cairan. Anda bisa gunakan flow meter merek LC ini untuk mengukur refined petroleum hingga pH cairan alkali. Jadi, Anda tak perlu sedia banyak flow meter untuk cairan yang berbeda.

3.   Tingkat Akurasinya yang Tinggi

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, flow meter merek LC ini memiliki tingkat akurasi yang terbilang tinggi. Kemungkinan hasil error dari flow meter ini begitu kecil, mulai dari 0.2 hingga 0.3 persen per pengisian, yakninya sebanyak 1000 liter. Berarti hanya sekitar 2 atau 3 liter cairan saja yang mungkin tak terbaca dikarenakan beberapa faktor eksternal, seperti tak idealnya instalasinya.

4.   Awet Digunakan Hingga Bertahun-Tahun Lamanya

Tak hanya bisa digunakan untuk mengukur beragam jenis cairan saja, flow meter satu ini juga dikenal akan keawetannya. Dengan perawatan yang baik, Anda bisa gunakan flow meter ini hingga bertahun-tahun lamanya. Flow meter ini juga terbilang tak begitu sering butuh maintenance. Anda hanya perlu melakukan kalibrasi per tahunnya, untuk memonitor dan menjaga tingkat keakuratannya.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai Flow Meter LC, yang diproduksi oleh IDEX Corporation, Amerika Serikat. Flow meter ini layak jadi pilihan bagi Anda yang berkecimpung di dunia industri seperti pertambangan, bahan kimia, serta bahan bakar. Pastikan Anda membeli alat Flow Meter LC ini hanya di pihak distributor resminya di Indonesia, yaitu PT. Ferindo Energi Instrumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *