Jenis-Jenis Flange yang Kualitasnya Tahan lama

Flange adalah sebuah komponen yang fungsinya untuk menggabungkan dua elemen menjadi satu kesatuan utuh. Anda akan mudah untuk melakukan perawatan atau perbaikan equipment lain tanpa risiko merusak komponen yang bersangkutan. Sebelum mendatangi toko jual flange dan melakukan pembelian ketahui terlebih dahulu jenis-jenis flange yang kualitasnya tahan lama.

1. Flange Flat Face (FF)

Jenis flange flat sama dengan polos yang artinya flange tersebut tidak ada tekstur apapun dan memiliki permukaan sentuh yang rata. Jenis flange yang digunakan untuk baja tuang, galvanis, atau pressure rendah. Tersedia dua pilihan yaitu flat sheet atau full face.

2. Flange Raised Face (RF)

Jenis lainnya adalah flange raised face yang memiliki permukaan sentuh lebih tinggi atau menonjol. Bentuk tekstur flange ini adalah garis-garis kecil dan melingkar. Flange akan terlihat agak menonjol di tengah jika Anda melihat dari sisi samping. Flange ini biasanya digunakan untuk medium.

3. Flange Ring Type Joint (RTJ)

Anda bisa pula memilih flange jenis ring type joint yang mirip dengan jenis raised face. Perbedaan kedua jenis ini hanya di cekungan permukaan flange yang dipakai sebagai tempat ring gasket atau permukaan yang lebih besar. Flange ini digunakan untuk fluida dengan nilai aliran yang tinggi yaitu CL900 ke atas.

4. Flange Weld Neck

Jenis flange yang ciri khasnya menonjol karena penyambungan pada flange ini untuk penggunaan las. Flange ini digunakan untuk plant karena mudah disambung dan bisa digunakan pada tekanan tinggi baik saat suhu rendah maupun tinggi.

5. Flange Slip-on dan Lap Joint

Flange jenis ini digunakan secara bersama untuk memasukan pipa. Perbedaan keduanya ada pada cara pemasangannya. Pada flange slip-on di mana pipa tidak sampai keluar, sedangkan jika memilih lap joint maka Anda harus membuat sisi pipanya keluar dari flange.

Selain itu, pada lap joint terdapat jari-jari di bagian akhirnya dan di bagian depannya datar. Anda bisa menggunakan flange ini untuk membedakan material stub end dan flange. Cocok juga digunakan jika Anda mengalami keterbatasan ruangan. Slip-on juga memiliki ketahanan getaran rendah karena itu flange ini cocok sekali digunakan untuk aplikasi tekanan rendah.

6. Flange Threaded

Flange yang memiliki ciri khas penyambungan menggunakan ulir. Flange ini digunakan saat sistem berada di kondisi sangat rawan kebakaran jika Anda menggunakan las. Jadi, ini pilihan flange yang tepat demi keselamatan diri sendiri.

7. Flange Socket

Sebuah jenis flange socket ini memiliki slip on yang ciri khasnya terlihat dari sisi luar flange dengan adanya tahanan yang membuat pipa yang dimasukkan ke dalam tidak tembus. Di mana adanya tahanan yang bisa membuat pipa saat dimasukkan ke dalam tidak tembus.

Anda bisa melihat keahlian dari komponen ini saat digunakan. Flange ini bagian dari sistem penyambungan flange to flange joint dan menggunakan sistem penyambungan rubber ring joint. Penggunaan flange ini tanpa lem dan mesin penyambungan.

8. Flange Buta

Jenis flange lainnya adalah flange buta yang digunakan untuk menutupi aliran seperti fitting end cap. Bentuk flange ini rata yang berfungsi untuk menutup ujung pipa atau sebagai maintenance. Bentuknya di bagian tengah tertutup.

Jenis-jenis flange yang ada di atas memiliki kegunaan secara spesifik yang berbeda-beda. Kegunaan yang tepat akan memuaskan Anda. Pembelian flange bisa dilakukan secara online di distributor flange Jakarta yaitu alvindocs.com yang sudah terpercaya. Anda bisa langsung mengunjungi website untuk mendapatkan barang yang dicari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *